Selasa, 06 Maret 2012

SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Sistem merupakan terdiri dari beberapa komponen yang bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan serta memiliki komponen-komonen dimana beberapa dari komponen tersebut saling berhubungan secara tetap dalam jangka waktu tertentu..
·       Sistem Perekonomian Pasar (Liberalis / Kapitalis)

Sistem ekonomi liberal-kapitalis adalah suatu sistem yang memberikan kebebasan bagi pelaku-pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan yang terbaik bagi kepentingan individual atau sumber daya-sumber daya ekonomi.  Berikut ciri-ciri ekonomi liberal kapitalis  :
a. Adanya pengakuan yang luas terhadap hak pribadi
b. Praktek perekonomian di atus menurut mekanisme pasar
c. Praktek perekonomian digerakan oleh motif keuntungan (profile
·       Sistem Perekonomian Perencanaan (Etatisme /Sosialis)
 Sistem perekonomian pasar ini merupakan kegiatan ekonomi yang sepenuhnya diatur dibawah kendali Negara. Pendapat ini dikemukakan oleh Karl Max. Sistem ini dapat dilihat pada Negara yang menganut paham komunisme contohnya Uni Sovyet.

              Sistem sosialis sendiri terdiri dari :
v Sistem sosialis pasar,
v Sistem sosialis terencana (komunisme)

Namun  tampaknya sistem sosialis terencana ini mulai ditinggalkan oleh penganutnya karena  semakin berkembangnya kesadaran masyarakat dan tuntutan perekonomian internasional. Kemudian Negara-negara komunis cenderung memakai system sosialis didalam perekonomiannya.

·       Sistem Perekonomian Campuran
Dalam system perekonomian campuran Negara yg condong memakai system perekonomian ini ialah Negara-negara berkembang., Agaknya sistem perekonomian ini  yang paling cocok untuk mengelola perekonomian di Indonesia, namun belakangan ini sistem ekonomi Indonesia semakin condong ke ekonomi liberal dan kapitalis
 Pada sistem perekonomian campuran terdiri dari dua peran, yaitu :
1.        Pasar terdiri dari pembeli dan penjual
2.         Peran pemerintah
·       Perbedaan berbagai macam sistem ekonomi yang ada
Didalam suatu penerapan system ekonomi tentunya terdapat berbagai perbedaan, namun dalam penerapan tersebut terdapat satu tujuan yg sama yaitu untuk lebih memajukan perekonomian bangsa dalam berbagai cara dan tindakan yg berbeda.

·       Perkembangan sistem ekonomi sebelum orde baru
Pada dasarnya struktur perekonomian Indonesia seblum orde baru masih dalam keadaan yg sangat buruk, sebagai akibat dari pergolakan yg harus dihadapi dan dapat menimbulkan instabilitas dalam bidang politik.
. Didalam perekonomian Indonesia tidak mengjinkan adanya :
1.     Free fight liberalism
2.     Etatisme
3.     Monopoli

·        Sistem perekonomian Indonesia yang berdasarkan Demokrasi Ekonomi
Didalam demokrasi ekonomi, pembangunan system perekonomian diwujudkan dengan perekonomian nasional yg handal dan mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat secara adil dan merata.

·       menentang adanya sistem : Free Fight Liberalism, Etatisme dan Monopoli
Ø Free Fight Liberalism
Karena pada prakteknya usaha yg tidak terkendali dapat mengakibatkan semakin luasnya perbedaan anatara si kaya dan miskin.
Ø Etatisme
Dapat menghilangkan kreasi dan motivasi masyarakat dalam berkembang dan bersaing secara sehat
Ø Monopoli
Pemusatan ekonomi pada satu kelompok tertentu mengakibatkan tidak dapat meberikan pilihan lain terhadap konsumen.
·       Perkembangan sistem ekonomi Indonesia setelah Orde Baru
Pada masa orde baru para tokoh Negara yg menjabat sebagai wakil rakyat sepakat untuk menempatkan system ekonomi Indonesia pada nilai-nilai yg terdapat pd UUD 1945.

·       Tiga pelaku ekonomi (agen-agen pemerintah dalam pembangunan ekonomi) yaitu : Sektor Pemerintah, Sektor Swasta dan Koperasi
Ø Sektor pemerintah
Didalam pembangunan ekonomi peran pemerintah amatlah penting karena mempengaruhi permintaan agregat (permintaan keseluruhan), Baik melalui variabel pengeluaran pemerintah (G), variabel pajak (T), maupun variabel subsidi (F)
Ø Sektor swasta
Peranan pada sektor swasta yaitu sebagai penyelenggara dan pengelola badan-badan usaha yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak dengan tugas mengembangkan dan membangun kewirausahaan.
Ø Koperasi
Karena sebagai salah satu pelaku ekonomi, koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berusaha menggerakkan potensi sumber daya ekonomi demi memajukan kesejahteraan anggota

·       Peranan BUMN dalam sistem perekonomian Indonesia
Dalam kegiatan ekonomi perananan BUMN sangat penting untuk memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan Negara.
·       Landasan Konstitusional BUMN, Latar belakang pendirian BUMN, tiga bentuk BUMN ( PERJAN, PERUM dan PERSERO), maksud dan tujuan dari kegiatan PERJAN, PERUM dan PERSERO
Ø Landasan Konstitusional BUMN
Terdapat pada Pasal 33 UUD 1945
Ø Latar Belakang pendirian BUMN
Untuk memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan Negara pada khususnya
Ø PERJAN
Salah satu tujuan didirikannya PERJAN yaitu untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat luas. Contoh : Perusahaan jawatan kereta api(PJKA).
Ø PERUM
Bertujuan untuk melayani kepentingan umum,namun sekaligus mencari keuntungan. Contoh: Perum Pegadaian, Perum Jasatirta, Perum DAMRI,

Ø PERSERO
Tujuan dari PERSERO antara lain untuk menyediakan barang dan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat demi mengejar keuntungan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Contoh:  PT. PP (Pembangunan Perumahan),PT Bank BNI Tbk, PT Kimia Farma Tbk

·       Peranan Koperasi dalam perekonomian Indonesia
Peranan koperasi antara lain untuk menggerakkan potensi sumber daya ekonomi demi memajukan kesejahteraan anggota. Lantaran itu koperasi harus mampu menjalankan prinsip-prinsip koperasi untuk memajukan kesejahteraan anggotanya.


Kesimpulan :
Tetunya di dalam system perekonomian Indonesia terdapat banyak kendala untuk mencapai suatu tujuan dalam memajukan perekonomin suatu bangsa. Namun peran kita sebagai masyarakat harus bahu-mebahu untuk menstabilitaskan perekonomian bangsa kita agar menjadi bangsa yg maju dan mengurangi rakyat miskin di Indonesia dengan berupaya upaya membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.



NAMA                 : DIANA TRI WIDYANTI
KELAS                : 1EB24
NPM                    : 29211322


Tidak ada komentar:

Posting Komentar